Halaman

Selasa, 02 Oktober 2012

Personal Information Management

Deskripsi
Tidak bisa kita pungkiri lebih dari kegiatan pribadi dan profesional kita masuk ke dunia internet, menciptakan nilai-nilai secara khusus dan berkembang, hampir setiap foto, dokumen,berita baru, jurnal, artikel, album musik, kita akses dan simpan dalam bentuk digital.


PIM adalah salah satu teknologi penyimpanan, pengelolaan dan berbagi baik itu foto, artikel, jurnal, berita baru dan lainya dengan praktis yang dapat digunakan oleh komunitas belajar, Dalam hal ini William J dan Harry B (2005) menjelaskan, Personal Information Management mengacu baik praktek dan studi tentang kegiatan orang melakukan dalam rangka untuk memperoleh, mengatur, memelihara dan mengambil informasi untuk penggunaan sehari-hari.

Item ataukomponen PIM :
PIM merupakan sistem informasi berbasis web yang memberikan informasi kepada individu. Ada 4 macam informasi yang dimaksud :
1. Informasi pribadi seperti data riwayat medis dan performa tubuh individu di saat ini (denyut jantung, tekanan darah, keadaan paru-paru,dll).
2. Informasi terkait preferensi seperti jenis buku favorit, jenis musik favorit, dan jenis makanan favorit.
3. Informasi terkait kenyamanan seperti history pemakaian pakaian, kecocokan pakaian yang kita pakai dengan acara yang akan dihadiri. Selain itu, PIM juga menyediakan informasi tentang cuaca hari ini di tempat tertentu.
4. Informasi terkait keselamatan seperti apakah tempat wisata yang akan kita kunjungi termasuk tempat yang kena travel warning, history bencana alam di suatu tempat, dan pemberitahuan jika terjadi bencana alam di tempat yang kita sedang kunjungi.

Proses kerja
Proses kerja PIM ini mudah misal seseorang dalam komunitas belajar kesehatan, bila ada informasi tentang kesehatan, pengguna bisa langsung membagikanya via fasiltas share ke jejaring sosial yang sudah menjadi media kolaborasi komunitas tersebut atau disimpan untuk nanti dibagikan dalam repositori komunitas belajar tersebut, pada dasarnya dengan adanya PIM ini diharapkan adanya efektivitas dalam berbagi informasi atau pengetahuan dalam mencapai tujuan belajar yaitu perubahan perilaku, baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai hasil interaksi komunitas belajar itu dengan lingkungan pembelajaran yang mendukung terhadap proses belajar tersebut.

Kelemahan
Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran. Selain itu dengan adanya SIM tersebut membuat ketergantungan manusia terhadap SIM tersebut,, sehimgga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar