Halaman

Minggu, 07 Oktober 2012

PENTIUM SATU

     
Definisi Komputer :
        Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.



        Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

        Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Sejarah : 
        PentiumDiluncurkan sekitar awal tahun ’90-an, tahun 1993 tepatnya, Pentium merupakan lompatan besar dalam sejarah prosesor X86 dimana arsitektur prosesor 32-bit mengalami perubahan yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kecepatan Pentium ( 80586 atau singkatnya 586 ) secara clock-for-clock dengan prosesor 486 ( generasi sebelumnya ) jauh lebih cepat.

        Dimulai dengan kecepatan 60 Mhz sampai 233 Mhz, prosesor ini telah membuat revolusi baru dalam dunia PC. Pada versi awalnya ( Pentium 60 Mhz ) prosesor ini pernah membuat heboh di kalangan dunia PC karena menurut seorang profesor, prosesor ini telah melakukan kesalahan perhitungan jika dilakukan kombinasi perhitungan perkalian dan pengakaran. Hal ini diakui oleh Intel yang lalu menarik kembali seluruh prosesor Pentium 60 Mhz sekaligus menghapus armada prosesor 60 dan 66 Mhz yang lalu diganti dengan Pentium 75 Mhz.

        Pentium mengalami sedikit perubahan arsitektur seiring dengan perkembangan teknologi dengan diperkenalkannya instruksi multimedia baru yang disebut MMX pada tahun 1994. Meskipun digemborkan oleh Intel kalau prosesor dengan kemampuan ini dapat meningkatkan pengalaman multimedia ( multimedia experience ) sampai 30-50%, tetapi pada kenyataannya kumpulan instruksi ini banyak tidak terpakai oleh para programmer multimedia ( terutama game ). Tetapi instruksi MMX ini merupakan cikal bakal dari instruksi SIMD ( Single Instruction Multiple Data ) yang sejak itu mulai dikembangkan. Instruksi 3DNow! Dari AMD sebagai contoh merupakan penyempurnaan dari instruksi MMX, demikian pula ISSE ( Internet Streaming SIMD Extension ) milik Intel sendiri.

Proses Kerja : 
* Input
* Proses
* Output
Input 
        Media yang digunakan ( alat ) untuk melakukan proses didalam komputer tersebut, adapun media tersebut meliputi Keyboard,Mouse, dan lain-lainnya.
Proses
        Suatu alat yang digunakan untuk memproses data dari Input yang akan di keluarkan ke system
Output. Proses ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk prosess yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proses data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.
Output
        Media / alat dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proses rangkaian komputer diatas, media Output iin berupa PRinter, monitor, sound dll.
        Apakah anda sudah bisa membayangkan bentuk atau skema dari proses cara kerja komputer diatas, berikut skema gambar proses cara kerja komputer :

        Dengan skema gambar diatas sudah jelas sekali bahwa inti dari proses cara kerja komputer ada pada CPU yang menjadi pusat pengatur, penyeimbang, pembagi dan lain - lain.


Komponen : 
-CPU Intel Pentium MMX, 166 MHz
-Motherboard QDI VX III (3 ISA, 4 PCI, 4 SIMM, 1 DIMM)
-Chipset Intel Triton 82430VX -BIOS Award Modular (07/07/97)
-Motherboard id 07/07/97-i430VX-NS306-2A59GQ1EC-00
-Chipset Intel Triton 82430VX
-BIOS Award Modular BIOS v4.51PG
-BIOS message P5I430VX/250DM Explorer II BIOS V3.5S 07/09/97
-chipset North Bridge Intel 82437VX

Kekuranganya : 
- Design sudah jadul
- Proses kerjanya lambat
- Komponen sudah tidak diproduksi

Kelebihanya : 
- Harganya murah
- Komponenya bandel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar